About

Wednesday 11 January 2017

ORGAN TUBUH


ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA
Setiap organ tubuh mempunyai fungsi dan peran tertentu dalam metabolisme tubuh manusia.

ORGAN TUBUH MANUSIA ANTARA LAIN :

LAMBUNG/PERUT

Lambung adalah sebuah organ berongga yang mempunyai beberapa lapisan otot Lambug terhubung dengan kerongkongan lalu ke usus. Setelah makanan dikunyah di mulut, melewati kerongkongan kemudian masuk kedalam lambung. Makanan yang sudah dikunyah akan bercampur dengan asam lambung dan enzim lambung yang berperan dalam pemecahan makanan menjadi halus untuk selanjutnya diserap nutrisinya oleh tubuh. 



HATI

Hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh, dengan berat sekitar 1,25 kg. Terletak di bawah rusuk, di bagian kanan atas perut, jika terjadi gangguan pada hati, maka akan menimbulkan masalah serius.
Hati memiliki banyak funsi, salah satunyaadalah produksi enzim empedu yang disimpan dalam kantong empedu.
Dalam pencernaan empedu itu diperlukan untuk menyerap lemak, sebagian dipecah menjadi partikel yang lebih kecil, juga mengkonversi beta-karoten menjadi vitamin A, untuk memfasilitasi penyerapan vitamin larut lemak (A, D, E, K) dan kalsium. Nutrisi diserap melalui mukosa usus, masuk ke dalam darah dan dibawa ke hati melalui aliran vena. Hati menyimpan zat besi, dan vitamin A, vitamin B12 dan vitamin D, menyimpannya untuk digunakan tergantung pada kebutuhan tubuh. Fungsi lain hati terlibat dalam metabolisme lemak, asam lemak  asam amino dan gula, juga menghasilkan kolesterol, fosfolipid dan lipoprotein, dan lemak teroksidasi untuk energi.Sehubungan dengan gula, hati menghasilkan zat yang disebut GTF (toleransi glukosa faktor), yang bersama dengan insulin, mengatur tingkat gula darah. Gula yang tidak dibutuhkan untuk menghasilkan energi langsung disimpan dalam hati dan otot sebagai glikogen, yang diubah menjadi energi ketika tubuh membutuhkan.
Kelebihan kalori (makanan) diubah oleh lemak hati, dan diangkut ke lemak tubuh untuk disimpan.
Fungsi hati sangat penting dan vital olehkarena itu kita wajib menjaga kesehatan hati.
Beberapa penyakit hati diantaranya adalah:
Hepatitis A, B, C, D dan E, Sirosis hati, Hepatitis autoimun, Primary biliary cirrhosis, Abses hati dan kanker hati.

PARU-PARU

Paru-paru adalah organ terbesar yang berfungsi sebagai alat pernafasan.  Melalui hidung, udara segar berupa oksigen dihirup masuk kedalam paru-paru dan dikeluarkan melalui hembusan nafas sebagai udara kotor (karbondioksida).
Paru paru ada 2 buah, letaknya didalam rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk dan selaput tipis agar paru-paru tetap aman. Di bawah paru-paru terdapat diafragma, yang membuat paru-paru menghirup dan menghembuskan udara.
Kita harus menjaga kesehatan paru-paru dengan cara berolah raga secara rutin, tidak merokok serta menggunakan penutup hidung atau masker dilingkungan kotor dan berdebu. Dengan berolah raga, paru-paru akan menghirup udara lebih banyak, sehingga oksigen yang masuk akan semakin banyak sehingga sel-sel tubuh akan lebih tercukupi kebutuhan akan oksigen dan itu membuat tubuh secara umum akan menjadi lebih sehat.
Beberapa gangguan atau penyakit paru-paru diantaranya adalah : bronkitis, pneumonia, bronkopneumonia, emfisema paru. Alveolitis fibrosa, TBC, Kanker paru-paru.



JANTUNG

Jantung adalah organ otot berongga yang terletak diantara paru-paru. Kerjanya memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung terbagi menjadi empat ruang: dua atas dan dua bawah. Ruang atas disebut atrium. Ada atrium kanan dan atrium kiri. Di bagian bawah adalah ruang yang disebut ventrikel. Ada ventrikel kiri dan ventrikel kanan.

Jantung terdiri dari lapisan:
·         Endocardium (membran jaringan ikat)
.   Elastis dan serat kolagen khusus
.   Trabekula, yang memberikan resistensi terhadap kontraksi jantung
·         Myocardium, otot jantung yang memiliki fungsi spesifik mengirim darah
      Untuk didistribusikan keseluruh tubuh
 .  Membran perikardium, adalah lapisan yang mengelilingi jantung


LIMPA

Limpa adalah organ yang terletak di sisi kiri, di atas perut dan di bawah tulang rusuk. Limpa adalah bagian dari sistem limfatik, yang melawan infeksi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Berisi sel-sel darah putih yang melawan kuman. Limpa juga membantu mengontrol jumlah darah dalam tubuh dan menghancurkan sel-sel tua dan rusak.


ALAT KELAMIN LAKI-LAKI

Organ kelenjar yang membentuk bagian dari sistem reproduksi laki-laki dan bertanggung jawab untuk produksi hormon seks dan sperma.

PROSTAT
Prostat adalah organ kelenjar milik sistem reproduksi laki-laki. Terletak di bagian depan rektum. Fungsinya untuk melindungi dan memelihara sperma.

OVARIUM
Ovarium adalah organ saluran reproduksi wanita. Ovarium bertanggung jawab untuk mengaluarkan hormon sek dan sel telur. Ovarium, yang bentuknya menyerupai almond, berat antara 6 dan 7 gram dan memiliki putih keabu-abuan. Mereka terletak di kedua sisi rahim, yang melekat oleh ligamen dan infundibula.

KLITORIS
Ini adalah organ seksual wanita di bagian dalam vagina, tidak mempunyai fungsi khusus.

RAHIM/UTERUS

Rahim adalah organ tubuh berotot dan berongga yang berbentuk seperti buah pir. Ini adalah bagian dalam organ terbesar yang membentuk saluran reproduksi wanita. Hal ini terletak antara vagina dan saluran tuba.


PANKREAS

Pankreas adalah kelenjar yang terletak di belakang lambung dan di depan kolon Ini menghasilkan enzim  yang membantu memecah makanan dan hormon yang membantu mengontrol kadar gula darah. Masalah pankreas dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.Fungsinya untuk mensekresikan enzim pencernaan ke dalam usus kecil dan menghasilkan hormon seperti insulin untuk pencernaan yang tepat dari gula. Hormon ini kemudian menuju ke dalam aliran darah (fungsi endokrin).
Pankreas juga memiliki peran dalam diabetes. Pada diabetes tipe I, sel-sel beta pankreas tidak memproduksi insulin karena reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap mereka. Pada diabetes tipe 2, pankreas kehilangan kemampuan untuk mensekresikan insulin yang cukup dalam menanggapi makanan.


GINJAL

Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang seukuran kepalan tangan. Terletak di dekat garis tengah belakang, tepat dibawah tulang rusuk. Dalam setiap ginjal terdapat sekitar satu juta struktur kecil yang disebut nefron, yang menyaring darah. Ginjal, menghilangkan produk-produk limbah dan kelebihan air, yang berubah menjadi urin. Mengalirkan urin melalui tabung yang disebut ureter ke kandung kemih, di mana urin disimpan dan kemudian dikeluarkan saat berkemih.
Sebagian besar penyakit ginjal menyerang nefron. Kerusakan ini menyebabkan ginjal tidak dapat membuang limbah. Penyebab termasuk masalah genetik, kontra indikasi obat.


KANDUNG KEMIH

Kandung kemih adalah organ berongga yang merupakan bagian dari saluran kemih. Hal ini bertanggung jawab untuk menerima dan mengeluarkan urin melalui uretra. 

OTAK                                                                                                                                             

Adalah organ terbesar dari sistem saraf dan memiliki, sebagai fungsi utamanya, mempertahankan kontrol dari seluruh tubuh. Operasinya diberikan oleh neuron. Otak terhubung bersama-sama oleh serat memanjang disebut akson.
Fungsi utama:
Mengontrol perilaku mengemudi dengan mengaktifkan otot-otot yang berbeda dalam tubuh.
Memproduksi dan mengeluarkan hormon.
Memproses informasi sensorik.
Bertanggung jawab untuk memori, belajar dan kognisi.


MATA

Mata adalah organ visual yang bertanggung jawab untuk mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls saraf yang berjalan melalui neuron untuk diproses oleh otak. Indra penglihatan membantu kita untuk mengenali di dunia tempat kita berada dan apa yang mengelilingi kita, memungkinkan kita untuk melakukan tugas tertentu.



TELINGA

Meskipun ukurannya kecil, telinga merupakan organ yang sangat kompleks. Bertindak sebagai filter. Telinga mengubah setiap suara yang kita dengar menjadi informasi yang akurat untuk otak. Ditelinga bagian dalam, jaringan sel sen sorik kecil dan serabut saraf mengumpulkan getaran suara.


LIDAH

Lidah adalah bagian dari indera pngecap yang terletak didalam rongga mulut yang membantu pencernaan makanan saat mengunyah dan menelan. Lidah memiliki banyak struktur tunas pengecap. Lidah membantu dalam berbicara , menelan, membolak balikkan makanan dan lain lain. 



KERANGKA / TULANG MANUSIA





           
Tulang adalah jaringan yang fungsinya tergantung dari masing masing tulang. Ada jenis tulang yang fungsinya untuk melindungi, mempertahankan dan memberikan gerakan. Tulang juga berfungsi untuk keseimbangan dan penyangga dari tubuh.

OTOT

Otot adalah jenis jaringan lunak yang terlibat dalam gerakan tubuh dan merupakan sumber kekuatan. Terdapat 3 jenis otot diantaranya adalah : otot lurik, otot jantung dan otot polos.
  

KULIT

Kulit sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, kulit menjadi garis pertahanan pertama untuk melawan bakteri juga virus. Membantu kesehatan kulit dapat anda lakukan dengan menjaga keseimbangan cairan dan membantu mengatur suhu tubuh.
Kulit, terus berubah struktur dinamis terdiri dari tiga lapisan utama: epidermis, dermis, dan subkutis atau jaringan subkutan, yang masing-masing terdiri dari beberapa sub-lapisan. Pelengkap kulit seperti folikel rambut dan keringat dan kelenjar sebaceous. Kulit memainkan peranan penting sesuai dengan fungsinya


No comments: